Kuliner Nusantara: Nikmatnya Gado-gado

By Yulianti Jul3,2023

Gado-gado, Kuliner Khas Indonesia yang Menggoda Selera

Hello, Sobat Paraf Informasi! Apakah kalian penggemar kuliner? Jika iya, pasti tak asing dengan makanan khas Indonesia yang satu ini, yaitu gado-gado. Gado-gado merupakan salah satu hidangan yang populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang gado-gado, mulai dari asal-usulnya hingga resepnya yang lezat. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Asal-usul Gado-gado

Gado-gado berasal dari kata “gado” yang dalam bahasa Jawa berarti “mencampur”. Sesuai dengan namanya, gado-gado terdiri dari berbagai macam sayuran yang dicampur menjadi satu. Seperti halnya makanan khas Indonesia lainnya, gado-gado juga memiliki pengaruh dari berbagai budaya, seperti budaya Tionghoa dan India. Meskipun begitu, gado-gado tetap memiliki ciri khas Indonesia yang kuat.

Awalnya, gado-gado hanya terdiri dari sayuran-sayuran segar yang diolah dengan bumbu kacang. Namun, seiring perkembangan waktu, beberapa tambahan seperti tahu, tempe, lontong, dan telur juga ditambahkan untuk memberikan cita rasa yang lebih beragam. Kombinasi bahan-bahan ini menjadikan gado-gado sebagai hidangan yang lengkap dengan gizi yang seimbang.

Resep Gado-gado

Untuk membuat gado-gado, berikut ini adalah resep sederhana yang bisa Sobat Paraf Informasi coba di rumah:

Bahan-bahan:

  1. 150 gram kacang tanah, sangrai dan haluskan
  2. 3 siung bawang putih, haluskan
  3. 2 sendok makan gula merah, serut
  4. 1 sendok makan air jeruk nipis
  5. 100 ml air matang
  6. Garam secukupnya
  7. 200 gram kubis, iris tipis
  8. 100 gram taoge, seduh dengan air panas
  9. 2 buah mentimun, iris tipis
  10. 2 buah tahu, potong dadu dan goreng
  11. 2 buah tempe, potong dadu dan goreng
  12. 2 buah telur rebus, belah dua
  13. 250 gram kering tempe, goreng
  14. Lontong secukupnya
  15. Kerupuk secukupnya

Cara membuat:

  1. Haluskan kacang tanah, bawang putih, gula merah, dan garam. Tambahkan air jeruk nipis dan air matang. Aduk hingga bumbu merata.
  2. Tata irisan kubis, taoge, mentimun, tahu, tempe, telur rebus, lontong, dan kerupuk di atas piring.
  3. Tuangkan bumbu kacang di atas sayuran dan remukkan lontong.
  4. Nikmati gado-gado dengan kerupuk sebagai pelengkap.

Sederhana bukan? Dengan resep ini, Sobat Paraf Informasi bisa mencoba membuat gado-gado sendiri di rumah dan menikmatinya bersama keluarga.

Keunikan Gado-gado

Salah satu keunikan dari gado-gado adalah variasi bumbu kacangnya. Meskipun bumbu utamanya adalah kacang tanah, namun setiap daerah di Indonesia memiliki cara sendiri dalam mengolah bumbu kacang ini. Ada yang menambahkan petis, terasi, atau cabai untuk memberikan rasa yang lebih pedas. Hal ini menjadikan gado-gado memiliki rasa yang berbeda-beda, tergantung dari daerah asalnya.

Selain itu, gado-gado juga memiliki banyak variasi sayuran yang digunakan. Meskipun umumnya terdiri dari kubis, taoge, mentimun, dan tahu, namun ada juga yang menambahkan sayuran lain seperti kangkung, bayam, atau daun singkong. Dengan variasi sayuran yang berbeda, gado-gado menjadi hidangan yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, gado-gado merupakan kuliner khas Indonesia yang menggoda selera. Dengan perpaduan sayuran segar, bumbu kacang yang lezat, dan tambahan seperti tahu, tempe, lontong, dan telur, gado-gado menawarkan cita rasa yang kaya dan gizi yang seimbang. Cobalah resep gado-gado di atas dan rasakan sensasi nikmatnya. Selamat mencoba, Sobat Paraf Informasi!

Related Post