Perlu Diketahui Inilah 3 Jenis Industri Yang Menggunakan Vacuum Pump

By Yulianti Jul18,2023

Vacuum pump atau biasa dikenal sebagai pompa vakum, bagi sebagian orang mungkin terdengar asing. Namun alat ini sangatlah dibutuhkan bagi sebuah industri tertentu. misalnya ada industri lampu, industri elektronik dan berbagai industri besar lainnya. Adanya vacuum pump ini bertujuan untuk mengeluarkan molekul gas pada ruangan yang tertutup. Selain pompa vakum, ada juga alat industri yang banyak dibutuhkan yaitu root blower. Salah satu jenis root blower yang banyak dipakai adalah positive displacement blower.

Kemudian nantinya akan dikeluarkan menuju area luar untuk mencapai suatu tekanan vakum tertentu. Lebih singkatnya, alat vacuum pump ini berfungsi untuk menghilangkan adanya udara yang terdapat di suatu ruangan tertentu. Udara yang terjebak pada suatu ruangan tersebut bisa dikeluarkan dengan mudah menggunakan alat ini.

Penggunaan alat ini memang hanya dilakukan oleh orang yang sudah ahli, sehingga tidak semua orang bisa menggunakan alat ini. Sebagian industri besar juga menggunakan alat ini, sehingga tidak semua masyarakat mengetahui fungsi dari alat ini. Berikut ini terdapat 3 jenis industri yang menggunakan vacuum pump, diantaranya adalah.

1. Vacuum Pump Kimia

Vacuum pump dengan jenis yang satu ini memiliki cara pengoperasian menggunakan metode kimia. Khususnya dalam pengikatan gas yang ada di suatu rungan yang tertutup, sehingga dapat memproduksi tekanan pada alat ini. Jenis vacuum pump ini dapat juga mengikat air pada permukaan yang cukup dingin.

Selain itu, vacuum pump jenis ini menerapkan metode dan prinsip kimia dan fisika yang menggunakan zat pada atau zat penyerap. Hasil dari tekanan vacuum yang dihasilkan ini dapat mengikat gas yang ada di dalam ruangan yang tertutup. Dengan adanya alat ini, maka tekanan gas yang dihasilkan akan sesuai dengan apa yang diinginkan.

2. Vacuum Pump Laboratorium

Untuk mengetahui jenis vacuum pump yang satu ini, Anda dapat memahami prinsip yang hampir sama dengan sistem yang ada pada jenis pompa air yang manual. Yaitu dengan bekerja secara mekanis untuk mendapatkan tujuan mengekspansi volume udara yang ada di ruangan secara kontinu. Setelah itu dapat dialirkan gas yang ada di dalamnya dan membuangnya ke atmosfer secara lepas.

Prinsip pada pompa air biasanya digunakan untuk mengangkat air yang ada di dalam tanah. Terdapat sisi tempat air yang dikeluarkan. Hal tersebut membentuk sebuah ruang vakum yang khusus. Setelahnya pompa akan menghisap air yang ada di bawah dan dialirkan ke bagian atas, kemudian dapat keluar menuju tempat yang telah disediakan. Prinsip pompa air seperti inilah yang cara kerjanya hampir sama dengan vacuum pump laboratorium

3. Vacuum Pump Industri

Jenis pompa yang umum digunakan di industri besar adalah jenis pompa turbomolecular. Metode yang digunakan pada jenis vacuum pump ini dapat menghasilkan tekanan yang sangatlah tinggi. Untuk itu dibutuhkan adanya penanganan dan penggunaan yang tepat saat mengoperasikan alat ini dengan baik.

Tidak semua orang dapat menggunakan vacuum pump dengan benar dan tepat. Dibutuhkan adanya keahlian dan juga pengetahuan yang cukup mengenai alat ini. Sehingga alat dapat berfungsi dengan baik, dan tidak akan terjadi hal-hal yang dapat menyebabkan resiko kecelakaan ataupun resiko kerusakan.

Itulah 3 jenis vacuum pump yang dapat digunakan pada industri yang besar. Cara kerja dari alat ini dapat berbeda-beda tergantung dari jenis vacuum pump yang digunakan. Alat ini memang jarang diketahui oleh masyarakat karena hanya dapat digunakan oleh orang yang sudah ahli dalam bidangnya.

Selain vacuum pump, ada juga kompresor root blower atau kompresor udara yang dimanfaatkan untuk industri khususnya industri perikanan. Anda yang ingin mendapatkan produk-produk industri perikanan bisa membelinya dari perusahaan Pedro GIl. Perusahaan ini memang adanya di luar negeri, namun di Indonesia Anda bisa menemukannya lewat distributor Pedro GIl.

Related Post